KEMBALI MENJADI PEMULA

Surat Takuan (沢庵 宗彭) kepada Yagyū Munenori (柳生 宗矩)

Kamu perlu memahami bahwa saat kamu berlatih dari awal menuju ke tingkat kebijaksanaan yang konstan, maka kamu harus kembali ke status pemula lagi.

Saya akan menerangkan sehubungan dengan seni berperangmu. Sebagai pemula, kamu tidak tahu cara berdiri atau posisi pedang,maka kamu tidak mempunyai sesuatu dalam dirimu yang menetap dalam mentalmu. Jika seseorang memukulmu, kamu hanya berkelahi tanpa memikirkan sesuatu.

Lalu saat kamu mempelajari berbagai hal seperti cara berdiri, bagaimana memegang pedang, dimana menaruh perhatian, dan lain-lain, pikaranmu akan bercabang pada berbagai hal, maka kamu mendapatkandirimu kacau sama sekali saat kamu mencoba memukul.

Tetapi jika kamu berlatih dari hari ke hari dan bulan ke bulan, pada akhirnya kamu dapat berdiri dan permainan pedangmu tidak tergantung pada pikiranmu lagi, dan kamu seperti pemula yang tidak mengetahui apapun.

Inilah perasaan dimana dikatakan bahwa permulaan dan akhir adalah sama, persis seperti satu dan sepuluh menjadi sama bila kamu telah menghitung dari satu ke sepuluh. Juga seperti nada terendah dan tertinggi dari notasi musik yang menjadi sama di bawah dan di atas lingkaran notasi.

Sama seperti nada tertinggi dan terendah meyamai satu dengan yang lain, karena budha adalah perkembangan tertinggi manusia, mereka tampak seperti orang yang tidak mengetahui apapun tentang budhisme, tidak memiliki jebakan eksternal yang dibayangkan orang tentang budha.

Karena itu kesusahan karena keterkaitan yang tidak disadari pada permulaan dan kebijaksanaan yang tetap pada akhir menjadi satu. Sisi perenungan dalam otakmu akan menghilang, dan kamu akan dapat beristirahat dalam keadaan dimana tak ada sesuatu pun yang menjadi perhatian.

” When pursuing knowledge,
something new is acquired each day.
But when pursuing the way of the Tao,

something is subtracted;
less striving occurs, until there is no striving.
When effort is uncontrived, nothing is left undone;
the way of nature rules
by allowing things to take their course,
not by contriving to change. “

— Tao Te Ching —

 

 

 

 


Leave a comment

Filed under Resources

Leave a comment