PENDERITAAN DARI FIKSASI YG TIDAK DISADARI

The Affliction of Unware Fixation

by Takuan Zenzhi (沢庵 宗彭, 1573–1645)

Sehubungan dengan seni berperang, ketika kamu melihat pedang musuh terayun kearahmu, jika kamu berpikir untuk menghindarinya, maka pikiranmu akan terpaku pada pedang dan aksimu membingungkan dan kamu tersayat dengan tidak sengaja. Ini disebut fiksasi atau keterikatan terus menerus.

Jika kamu tidak memikirkan pedang yang mengayun walaupun kamu melihatnya, dan tidak menyimpan suatu pikiran pun, dan menghadapi pedang yang datang dengan segera, secpat kamu melihatnya, tanpa pikiran kamu terpaku pada hal tersebut sama sekali, kamu akan dapat menghindari pedang yang ditujukan untuk membunuhmu, dan mempunyai kesempatan memutar pedang tersebut untuk melumpuhkan musuhmu.

Dalam Ch’an (Zen) ini disebut mengambil kepala lembing dan memutarnya untuk menusuk yang lain. Ini berarti sama seperti mengambil pedang musuhmu dan yang bermaksud membunuhmu dengan apa yang kamu sebut dengan “tanpa pedang”.

Apakah lawanmu yang menusuk lebih dulu ataupun kamu yang menusuk lebih dahulu, jika kamu menetapkan pikiranmu pada orang, atau pun pedangnya, jarak, atau waktu, tindakanmu akan bimbang. Akibatnya kamu dapat terbunuh.

Karena pikiran kamu terpaku pada musuhmu ketika dalam posisi berlawanan, kamu seharusnya tidak memikirkan dirimu sendiri juga. Memerintahkan pikiranmu agar tetap dalam tubuhmu adalah sesuatu yang dilakukan oleh para pemula. Jika kamu menaruh pikiranmu pada pedang, pikiranmu terpaku pada pedang. Jika kamu menaruh pikiran kamu pada waktu, pikiranmu terpaku pada waktu. Jika pikiran kamu terpaku pada pedangmu sendiri, maka pikiranmu akan diambil oleh pedangmu sendiri. Dalam suatu kejadian, pikiranmu terikat pada sesuatu dan tindakanmu akan menjadi ragu-ragu.

Comments Off on PENDERITAAN DARI FIKSASI YG TIDAK DISADARI

Filed under Resources

Comments are closed.